Rabu, 05 Desember 2012

Tips & Saran sukses PTN 2013

Keberhasilan seseorang tidak lagi semata-mata hanya ditentukan oleh kesiapan akademik, akan tetapi faktor mental, pengetahuan prosedur pendaftaran secara komputerisasi, bahkan stategi ikut menentukan. Penentuan akan Goal Setting, pemahaman akan klasifikasi materi ujian baik materi yang kita sukai dan kuasai maupun materi yang kita benci dan tidak kita fahami, Strategi Belajar yang efektif buat pribadi kita dan stategi mengerjakan soal secara efektif dan Doa kepada yang Maha Kuasa sangat menentukan akan keberhasilan dalam menjalani Simak-UI, UM, SNMPTN.
Beberapa kiat yang bisa membantu sukses menghadapi Simak-UI, UM, SNMPTN.

  • Goal Setting
    Segala sesuatu yang kita fikirkan, rasakan dan lakukan pasti memiliki tujuan yang hendak dicapai. Oleh sebab itu penetapan tujuan alias Goal setting harus ditentukan sebelum kita melangkah untuk mencapainya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menetukan Goal setting : 
  • Minat
    Mampu mengidentifikasi minat kita. Seseorang yang memiliki minat terhadap bidang ilmu yang berhubungan dengan perhitungan atau matematika sebaiknya kuliah di bidang-bidang yang banyak hubungannya dengan aplikasi matematika seperti Teknik, Matematika, Fisika, Statistik, Ilmu Komputer dll 
  • Bakat
    Keberhasilan dalam studi juga dipengaruhi oleh bakat. Jika seseorang kuliah dalam jurusan seni tetapi sebenarnya dia kurang berbakat dalam bidang seni, maka hasil studinya kurang optimal dibandingkan temannya yang memiliki bakat/talenta bidang seni
  • Kemampuan
    • Kemampuan akademik
    • Kemampuan psikis
    • Kemampuan financial
  • Peta Soal Simak-UI, UM, NMPTN
    Menguasai Peta Soal SNMPTN terbaru merupakan keharusansebagai bekal mengahadapi pertempuran. Peta soal adalah alat anda untuk mengetahui “medan pertempuran” agar kita faham betul garis besar materi yang akan diujikan dalam “ pertempuran” tersebut Peta SNMPTN bisa dibuat sendiri atau melalui suatu lembaga Bimbingan Belajar berdasarkan soal 5 tahun terakhir.  
  • Belajar tidak dijadikan sebagai beban
    Selama ini kita menganggap belajar adalah sebuah beban. Bila kita sampai pada kesimpulan seperti itu, maka selamanya kita tidak akan mendapatkan banyak hal dalam belajar. Mengapa demikian? Karena, tak ada seorang pun yang menghendaki beban. Beban adalah suatu yang harus dipikul dan seakan-akan sebuah paksaan. Oleh sebab itu kita harus mengubah sikap itu.
  •   Belajar itu tidak sulit
    Tak ada seorang pun yang menyukai kesulitan. Setiap orang senanti asa berusaha menghindari diri dari kesulitan. Kalau ada orang yang menyukai kesulitan berarti ia tidaklah normal. Oleh karena itu, tanamkanlah di diri kita keyakinan bahwa belajar itu mudah.
  • Guru adalah kunci utama sukses membantu belajar anda
    Guru memiliki peranan penting dalam mengajari anda. Guru yang mampu mentransfer ilmunya dengan baik dengan penguasaan dan kemampuan mengerjakan soal yang baik akan mempermudah anda mengerti,
    Namun terlebih dari itu, anda sendirilah yang harus menentukan sukses atau tidaknya belajar. Guru hanya sebagi alat bantu anda mengerti pelajaran yang anda butuhkan.
  • Strategi Mengerjakan Soal
    Soal apapun yang menjadi prioritas adalah wajib di dahulukan dalam mengerjakan soal Simak-UI, UM, maupun SNMPTN.
  • Do’a
    Manusia hanya dapat melakukan Ihtiar, bagaimanapun lama dan gigih usaha kita dalam menguasai materi Simak-UI, UM, maupun SNMPTN. The last answer ada di Tuhan yang maha Mengetahui dan maha Adil
 Semoga Sukses!!!

0 komentar:

Posting Komentar